top of page

Catholic Daily Quotes

Public·77 members
Carter White
Carter White

Trik Setting Router Mikrotik Untuk Warnet


sebelum pake mikrotik wanrt ane sering lag kalo ada yang main youtube, tapi setelah pake mikrotik karna kecepatan di bagi per ip jadi aman terkendali, mikrotik emang jooossalam OP warnetgea




Trik Setting Router Mikrotik Untuk Warnet



Untuk kebutuhan router dalam manajemen jaringan baik yang berskala kecil ataupun besar router mikrotik merupakan salah satu pilihan terbaik yang dapat diandalkan. Untuk anda yang terjun ke bisnis jaringan seperti usaha warnet, hotspot ataupun RT/RW NET, anda dapat mengandalkan Layanan Jasa kami dalam perihal manajemen router mikrotik anda seperti manajemen bandwidth, load balance dan routing, konfigurasi server hotspot dan user manager, firewall filter, tunnel dan lain-lain.Jasa yang kami tawarkan disini tidak muluk-muluk dan sudah banyak dipercayai oleh beberapa klien kami yang tentunya dengan harga yang bersaing dan konfigurasi yang fleksibel. Berikut ini kami akan menjelaskan detil layanan Jasa Setting Router MikroTik yang kami tawarkan kepada anda.


Harga Jasa Setting MikroTik Router yang kami tawarkan disini relatif murah dengan kualitas yang bisa dipertanggung jawabkan. Harga Jasa Setting MikroTik Router pada layanan kami memiliki beberapa pilihan dengan implementasi yang berbeda-beda seperti untuk warnet atau games center, hotspot, rtrw net ataupun untuk perkantoran. Untuk mengetahui harga jasa setting mikrotik yang ditawarkan kunjungi halaman Produk Jasa Setting MikroTik Murah dan Bergaransi


Konfigurasi InterfaceSelanjutnya agar mempermudah dalam settingan router, ubah nama interface ether1 yang akan terhubung dengan internet dengan nama speedy dan ether2 yang terhubung dengan switch/hub dengan nama lan-warnet.Caranya dengan menggunakan perintah berikut :Interface printLihat interface ether1 dan ether2 berada pada urutan keberapa. Pada contoh interface ether1 berada pada urutan 0 dan ether2 berada pada urutan 1. Selanjutanya ketikan perintah berikut untuk merubah nama interface :Interface set 0 name=speedyInterface set 1 name=lan-warnetUntuk melihat hasilnya ketikan perintah :Interface printKonfigurasi Ip AddressSetelah selesai merubah nama pada interface tersebut, saatnya untuk memberikan ip address untuk kedua interface tersebut. Untuk interface speedy kita akan memberikan ip address 192.168.1.1/24 (kenapa 192.168.1.1? karena ip modem speedy saya adalah 192.168.1.254, berpatokanlah pada ip modem anda). Sedangkan untuk interface lan-warnet adalah 10.10.10.1/24.Perintah yang dapat digunakan :Ip address add address=192.168.1.1/24 interface speedyIp address add address=10.10.10.1/24 interface lan-warnetsettingan melalui winbox :Untuk melihat hasilnya dapat menggunakan perintah berikut :Ip address printKonfigurasi default gatewaySetting default gateway pada router mikrotik adalah Router ISP anda dalam hal ini yang digunakan adalah Ip Modem. Pada contoh disini Ip modem router ISP saya adalah 192.168.1.254.Perintah yang dapat digunakan untuk konfigurasi default gateway adalah :Ip route add dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.1.254Untuk memeriksa apakah default gateway telah berhasil dikonfigurasi dapat menggunakan perintah berikut :Ip route printKonfigurasi DNS ServerDNS server yang akan digunakan adalah DNS Server ISP yaitu DNS Speedy 192.168.1.254. Perintah yang dapat digunakan adalah :Ip dns set servers=192.168.1.254 allow-remote-request=yesSettingan melalui winbox :Untuk melihat apakah dns server telah dikonfigurasi dapat menggunakan perintah berikut :Ip dns printSampai pada tahap ini kita telah berhasil konfigurasi speedy dengan Router mikortik. Untuk melihat hasilnya lakukan ping ke website google.com di terminal.Konfigurasi Nat FirewallFungsi konfigurasi ini adalah merubah semua ip address dari tiap paket data yang keluar dari computer client menjadi ip address publik yang ada pada interface speedy. Ini berfungsi agar setiap ip computer yang kita gunakan pada client akan dirubah menjadi ip publik di interface speedy untuk akses kluar, sehingga ip yang terbaca hanyalah ip publik yaitu ip modem. Perintah yang digunakan adalah :Ip firewall nat add chain=srcnat out-interface=speedy action=masqueradeUntuk mengecek dapat menggunakan perintahIp firewall nat print


Istilah mikrotik mungkin tidak asing bagi kamu yang berlangganan internet di rumah, sering mengunjungi warnet, atau secara tidak sengaja pernah membaca tulisan mikrotik di atas sebuah alat, atau juga pada jendela login tertentu.


Bersumber dari website resmi MikroTik, mikrotik sendiri sebenarnya merupakan sebuah nama perusahaan Latvia yang berdiri pada tahun 1996 yang mengembangkan router dan sistem ISP nirkabel dan sekarang MikroTik dikenal sebagai perusahaan yang menyediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di sebagian besar negara.


Sedangkan dilansir dari Domainesia, mikrotik adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk menyediakan layanan internet dengan cara menjadikan suatu komputer sebagai router jaringan. Oleh karenanya, mikrotik banyak dimanfaatkan untuk membangun sistem jaringan komputer skala kecil maupun besar.


Di luar sana, terkadang orang masih tidak memahami perbedaan antara mikrotik dan router. Perbedaan antara router dan mikrotik yaitu, router merupakan perangkat keras untuk menjembatani antara dua jaringan, sedangkan mikrotik adalah sistem operasi yang termasuk dalam open source system. Lalu siapa saja yang menggunakan mikrotik ini? Mikrotik ini banyak dimanfaatkan oleh provider hotspot, ISP atau Internet Service Provider, warung internet atau warnet, dan perkantoran.


Setelah membahas pengertian dan fungsi mikrotik, kini masuk pada pembahasan jenis-jenis mikrotik untuk jaringan komputer. Mikrotik ini tidak hanya tersedia dalam satu macam saja. Mikrotik ini memiliki dua jenis utama, diantaranya yaitu:


Mikrotik RouterOS ini merupakan sistem operasi berbasis UNIX dan mampu menjadikan komputer biasa atau PC jadi memiliki fitur seperti bridge, hotspot, router, firewall, proxy server dan sebagainya. Sehingga banyak orang memanfaatkannya untuk membangun router mereka. Secara ringkas, kelebihan dari mikrotik RouterOS adalah sebagai berikut:


Berbeda dengan Mikrotik RouterOS yang merupakan suatu sistem operasi perangkat lunak, RouterBoard adalah sebuah perangkat keras jaringan yang di dalamnya diinstal sistem operasi mikrotik RouterOS yang fungsinya sebagai bandwidth management, DHCP, DNS server, hotspot server, proxy server, dan router jaringan.


Itulah informasi mengenai pengertian hingga cara pengaturan mikrotik yang bisa menambah pengetahuan kamu, khususnya untuk kamu yang sedang berencana atau punya keinginan untuk membangun sistem jaringan komputer skala kecil maupun besar.


Mikrotik Router OS merupakan suatu sistem operasi jaringan berbasis UNIX yang memungkinkan komputer untuk mempunyai kemampuan seperti halnya router, firewall, bridge, hotspot, proxy server dan lain sebagainya.


Oleh karena itu banyak orang atau perusahaan yang menggunakan sistem operasi ini untuk membangun router pada jaringan mereka, karena kestabilan dan kemudahan yang ditawarkan oleh mikrotik router OS menjadikan mikrotik sebagai dasar dan standar untuk router.


Jika Router OS memenfaatkan perangkat lunak pada sistem operasi jaringan.Maka RouterBoard merupakan mikrotik dalam bentuk perangkat keras yang dikemas dalam board router dimana sudah terinstal Mikrotik RouterOS yang fungsinya sebagai bandwidth management, DHCP, DNS server, hotspot server, proxy server, dan router jaringan.


Setelah membaca artikel di atas, tentunya Anda sudah paham bukan apa itu mikrotik? Jadi mikrotik merupakan sistem operasi jaringan berbasis LINUX yang digunakan untuk mengubah komputer admin menjadi router dalam jaringan.


Ada banyak pengusaha warnet dan game center yang sudah menggunakan MikroTik untuk kebutuhan firewall dan manajemen bandwidth agar tidak terjadi lag saat user browsing sambil main game online. Sangat disayangkan jika banyak user yang lari atau selingkuh ke warnet lain, gara-gara koneksi internet yang bermasalah saat mereka main game online.


Untuk itu, kita perlu mengamankan mikrotik dari serangan luar. Koneksi yang lemot disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah karena keamanan MikroTik yang rapuh, mudah dijebol sekalipun anda sering monitor jaringan yang ada. Bagi kamu yang takut modem atau router terkena serangan hack, sebaiknya setelah setting MikroTik, kamu harus cek keamanan Mikrotik.


Pastinya anda akan sangat bingung jika mendapati routerboard dalam keadaan bermasalah, apalagi jika itu karena serangan hacker atau orang yang tidak bertanggung-jawab. Untuk itu ikuti langkah-langkah dibawah untuk mengamankan MikroTik ini:


Ada banyak cara masuk ke MikroTik, antara lain via http, winbox, SSH, Telnet, FTP dan lainnya. Cara yang paling sering kita gunakan untuk mengakses routerboard MikroTik adalah menggunakan Winbox atau SSH via Putty. Sobat harus mengetahui servis MikroTik yang berjalan, dan mematikan service yang tidak terpakai.


Ada beberapa orang yang berpikiran jika ubah atau setting password user MikroTik sudah cukup padahal manajemen user yang ada memungkinkan kita untuk mengatur mana user yang punya hak akses full, monitoring, atau tanggung-jawab tertentu dengan fitur Group Policies.


Filenya akan tersimpan dengan nama backup-skrip.src silahkan download file ini dari menu File Winbox untuk dianalisa script konfigurasinya. Teknik ini sangat bermanfaat jika BUKAN ANDA yang menseting router tersebut namun sekarang andalah yang harus mengelolanya.


gan,ane mau tanya nih,ane di rmh pakai indihome kan,trus ane udah beli mikrotik RB 951ui-2nD untuk buat hotspot ke client,cm ane krng paham soal pembagian bandwith yang sesuai untuk per client,biar stabil.ane udah buat via userman tapi bandwithnya gak keatur,makanya sering ngadat,soalnya ane kurang paham,kira2 bandwith yang sesuai untuk hotspot skala kecil di atur brp per bandwithnya ya? mohon pencerahannya.tks


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

  • wryan6
  • Janet Gee
    Janet Gee
  • JoJo
    JoJo
  • Rat
    Rat
  • Macwinhub
    Macwinhub
bottom of page